Merdekarya

August 19, 2017

Artwork : Gue. Mockup : Pexels.com


Oke, untuk mengisi kekosongan Hati ini --eh Hari ini, marilah kita buka Post ini dengan membaca Basmalah --Aminn. Karena masih dalam suasana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke 72 atau yang biasa disingkat HUT RI 72 jadi gue pengen ngebahas tentang Kemerdekaan.

Pertama-tama gue mau ngucapin Selamat Hari Lahir Indonesiaku yang ke 72, Dirgahayu Indonesiaku!! gue berharap Indonesia tetap menjadi negara yang Beragam, dan tetap Bersatu. Untuk apa kita serumah tapi gak bersatu, ya gak

Jadi, Kemerdekaan itu adalah sebuah negara meraih hak kendali penuh atas wilayah dan bagiaannya, dan Kemerdekaan itu adalah disaat seseorang mendapat hak untuk mengendalikan dirinya tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi. Itu menurut Wikipedia

Tapi menurut gue kita sekarang udah gak sepenuhnya Merdeka lagi, kenapa ? banyak Hak yang harusnya kita dapetin secara utuh tanpa campur tangan orang lain malah diambil, Termasuk Hak untuk Berkarya. Menurut gue Berkarya udah jadi suatu media buat mengungkapkan keresahan. Banyak dari kita yang menggunakan karya untuk mengkritik orang lain, atau buat institusi atau sesuatu. Dan Karya itu Luas sih, bisa dalam bentuk apa aja. Tulisan ini contohnya, atau Karya Seni, bahkan Perusahaan pun mengaku Berkarya, pernah gue denger di satu iklan "Berkarya Untuk Negeri" dan itu perusahaan gas loh (seinget gue ya). Balik lagi ke topi utama, apa kita udah Merdeka untuk berkarya ?

Karya disini gue lebih mengarah ke Karya Seni ya, karena itu yang sedikit banyak gue tau. Kalo yang sekarang gue liat, lo bebas mau berkarya ataupun mengkritik sesuatu, atau seseorang, atau se...maulolah. tapi, ada tapinya ya, nih gue Bold deh biar keliata, lo bebas tapi tanpa "Di Publikasikan". Maksud lu apaan ? Jadi gini ketika lo berkarya dan mengkritik sesuatu, gak lu publikasikan, misalnya ke sosial media, persentase bahaya lo masih rendah, ya paling cuma 5% lah. tapi kalo lo udah Mempublikasikan Karya dan Kritikan lo, lo harus clingak clinguk nih, ada yang ngintai apa enggk, siapa tau di depan rumah udah ada FIB nangkring kan, eh FBI deng hehehe. Dan persentase bahaya lo udah naek, ya sekitar 50% lah, apalagi kalo udah jadi Viral, bisa masuk angka 80%. Elah sok maen persentase segala lu, tau aja kagak

Ngeri gak ? ya ngeri lah. Nah itu juga yang ngebuat gue (dan mungkin orang lain juga) takut untuk berkarya, takut kalo ada yang tersinggung bakal diperkarakan. Walaupun gue tau gak semudah itu memperkarakan sesuatu. Tapi itu udah ngebuat semangat gue turun buat ngebuat sebuah karya. Jadi harus mikir-mikir lagi ya buat dipublikasikan. Kenapa bisa diperkarakan kalau sudah dipublikasikan ? Setau gue maraknya kasus yang banyak terjadi sekarang ini memakai undang-undang ITE dan pencemaran nama baik. Yang gue tau Undang-undang ITE itu awalnya buat ngelindungin penjual online yang sering jadi inceran para penipu. Dan sekarang udah membuat para netizen jadi ragu buat berkarya di dunia online ini.

Tapi sebenernya semangat buat berkarya gak boleh hilang cuma gara-gara takut untuk diperkarakan. Kalau karya kita memang sesuai dengan Fakta dan Niat kita baik untuk mengingatkan, kenapa enggak ? karena semua hal tergantung Niat, ya gak ? kalo emang kena perkara ya ikhlasin aja, mungkin cara kita kurang bener, atau teguran biar karya kita lebih baik lagi. Kalo kata kakek-kakek gaul mah Nikmatin Aja.

Akhir kata terima kasih udah ngebaca pikiran Absurd gue. kalau ada yang merasa dirugikan dari tulisan gue, silahkan kirim email ke gue. Dan satu kalimat aja deh dari gue. Berkarya itu bukan tentang "Apa" tapi tentang "Bagaimana". Tentang Bagaimana bisa jadi seperti itu. Kalo gak ngerti mah Nikmatin Aja

Semangat Berkarya Wahai Anak Bangsa!!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments