IMO

Ngomong Ngomong Tentang Ngomong

November 15, 2017

Photo By : Matthias Wagner



Yuhuu~~~
Akhirnya setelah beberapa lama tak menulis, karena kesibukan baru menyandang status baru, MAHASISWA hahaha --lebay deh ah--, setelah mencari jalan kesana kemari untuk menyandang status ini, ditolak beberapa kali dengan mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera, bersama teman bertualang --lagu kali boy itu-- akhirnya bisa merasakan yang namanya bangku kuliah. terlebih juga berkat Beasiswa yang meringankan beban orang tua. seenggaknya gak usah mumet tiap awal semester lah ya. berat sebenernya menyandang status ini, bukan cuma naik derajat menjadi "orang pintar" banyak juga yang harus di emban sama yang namanya Mahasiswa ini. dari yang namanya generasi penerus bangsa lah, calon enterpreneur lah, calon pemimpin negeri ini lah, ilmuwan lah, agen perubahan lah. kalo di pikirin lebih mendalam berat banget, gak semua orang mampu menjalankan tugas sebagai mahasiswa dengan baik. Kadang ada yang lulusnya lama karena nilai nya jelek lah, gak pernah masuk lah, skripsi gak selesai lah, di DO lah, kena kasus lah. banyak banget kalo denger cerita dari temen-temen yang udah berpengalaman dalam bidang ini. Tapi berhubung gue masih jalan di awal-awal jadi masih rajin, masih semangat.
Jadi gue sekarang sebenernya pengen ngomongin satu hal yang harus dimiliki oleh semua orang sih, tapi khususnya buat mahasiswa yaitu ngomong. Jadi gue mau ngomongin tentang ngomong, nah ngomong-ngomong ngomong itu apa sih ? kok jadi aneh gitu ya rasanya hahaha. oke balik ke topik, ngomong itu apa ? jadi dalam KBBI ngomong atau berbicara adalah berkata, berucap, berbahasa, ngerti ? oke gue anggap kalian ngerti, tapi apa sih yang aneh sampe harus dibuat ginian segala ? gue ngerasa kalo ngomong apa yang ada di pikiran kita secara jelas itu susah banget. karena gue orangnya yang kaku dan disinilah sebenernya kelemahan gue. gue kalo ngomong kesana kemari, pernah temen gue bilang ke gue kalo gue ngomong itu kaya orang mabok, haha aneh gak sih. Gue pikir orang yang bisa ngomong dengan lugas adalah orang yang hebat. banyak orang yang gagap ketika ngomong didepan banyak orang. Di dibangku kuliah inilah gue belajar banyak tentang yang namanya public speaking atau "Ngomong". kenapa sih penting banget harus ngomong ? menurut gue sebagai mahasiswa apalagi jurusan Gue Psikologi, jadi harus-harus banget -gausah pinter sih yang penting bisa- bisa ngomong, apalagi nanti di depan klien kan. oke balik lagi ketika di bangku perkuliahan ini ada satu proses dimana bagaimana cara lu ngomong bakal diuji. yaps bener banget, sidang komprehensif atau ujian skripsi. ya gue sih belom pernah ya, tapi yang pasti di ujian skripsi ini lu bakal ngebuat sebuah penelitian yang akan dimasukin dalam skripsi. nah hasilnya harus dipresentasiin ke penguji nya, yang pastinya dengan ilmu yang udah jauh diatas lah. nah dari hasil penelitian itu kita bakal diuji ngomongin tentang topik yang kita ambil, dari landasan teorinya lah, gimana pelaksanaan penelitiannya lah, dan masih banyak lagi. makannya banyak orang-orang yang kesandung di tahap skripsi ini, tapi gak banyak juga yang berhasil. tapi yang pasti lu harus bisa menjelaskan dengan jelas dan meyakinkan penguji lu itu. jadi pesen gue buat temen-temen yang lagi kuliah atau mau kuliah, jangan bolos-bolos waktu tugas presentasi ya, karena itu bakal ngelatih lu buat ngomong di depan umum.

Thanks!


  • Share:

You Might Also Like

0 comments